GDPR Cookie Consent by Free Privacy Policy

Kebijakan Maritim Presiden Jokowi Dinilai Mampu Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

2 min


Kebijakan Maritim Presiden Jokowi Dinilai Mampu Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen tinggi mendorong potensi maritim Tanah Air untuk peningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dampak positif yang dihadirkan manciptakan dampak positif besar bagi masyarakat.

Dekan Fakultas Perikanan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate Djanib Achmad menilai, Jokowi memiliki visi besar dalam membawa kemajuan bagi Tanah Air. Salah satunya dengan memanfaatkan dengan maksimal segala kekayaan kelautan nasional.

“Sehingga ini kebijakan yang bagus, mudah-mudahan dengan ini dengan adanya program Indonesia sebagai poros maritim dunia itu membuka cakrawala baru kita bahwa ternyata ekspektasi ekonomi itu di laut,” kata Djanib, Sabtu (17/9/2022).

Dia memaparkan, lewat kebijakan tersebut akan mengangkat hajat hidup para warga yang tinggal di pesisir. Lantaran dengan itu dapat memperlacar serta mengefisiensikan pengiriman distribusi logistik antar wilayah.

Lebih lanjut Djanib mengatakan visi Indonesia sebagai poros maritim dunia merupakan kebijakan yang tepat. Karenanya, dia optimistis bisa sudah teralisasi, otomatis akan membawa perekonomian Indonesia ke arah yang jauh lebih baik. “Karena kita punya potensi. Kalau itu terjadi maka eksekusi APBN dan APBD harus mengarah ke sana,” sambung Djanib.

Dia menilai melalui kebijakan tersebut tidak hanya membawa kabar positif pada peningkatan kesejahteraan. Namun imbas daripada itu juga turut menekan angka kemiskinan.

Bertemu Jokowi, Ini Hal Penting yang Dibahas FKUB

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua bertemu situs berita gue Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Ketua FKUB Papua Pendeta Lipiyus Biniluk mengatakan, kedatangannya untuk memberikan masukan.

“Saya seperti ini tetapi memberikan masukan kepada pemimpin negara itu kewajiban sebagai pendeta,” ujar Pendeta Lipiyus kepada wartawan, Senin (19/9/2022).

Lipiyus mengaku, kedatangannya selain karena urusan pribadi juga untuk membicarakan persoalan penting bagi bangsa Indonesia.

Persoalan penting itu kata Lipiyus, dalam tidak semata-mata terkait Papua. “Kami juga ada urusan pribadi. Urusan pribadi yang paling penting saya tidak mau ngomong, tapi itu luar biasa, untuk bangsa besar ini,” jelasnya.

“Dan dari kami ambil sikap untuk bangsa ini. Bukan (hanya) Papua,” tutupnya.

Media Singapura Straits Times: Jokowi Pertimbangkan Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia tahun 2024 turut menyita perhatian negara tetangga Singapura. Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pun disebut sebagai calon yang dipertimbangkan mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baru-baru ini surat kabar nasional Singapura, The Straits Times (ST) memberitakan panasnya persaingan yang terjadi jelang pemilihan orang nomor satu di Indonesia dua tahun lagi.

Media terbesar Singapura itu pada Sabtu (17/9/2022) menerbitkan artikel berjudul “Jokowi to decide presidential hopeful he’ll endorse, has no plans to run for V-P in 2024: Sources” di situs web mereka.

Dalam artikel itu, ST menulis bahwa Presiden Jokowi akan memutuskan calon presiden yang akan dia dukung dalam Pilpres 2024.

Sumber ST yang menolak disebutkan namanya memberitahu ST bahwa Prabowo adalah salah satu nama yang dipertimbangkan secara serius oleh Jokowi untuk menerima dukungannya.

ST juga memberitakan, bahwa Jokowi tidak berencana untuk mencalonkan diri lagi sebagai presiden.

“Prabowo kemungkinan akan mengumumkan pasangannya pada awal 2023,” ungkap salah satu sumber terpercaya yang meminta namanya tidak disebutkan kepada ST.

Nama-nama dalam daftar pendek Prabowo menurut sumber itu adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar.

Sementara itu, tidak diketahui kapan Jokowi akan mengumumkan dukungannya untuk pasangan mana pun. Sejauh ini, Prabowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah dua bakal calon yang telah mendeklarasikan pencalonannya.

Meski demikian, hanya Prabowo yang dinilai paling mampu untuk mendapatkan tiket sebagai calon presiden dengan dukungan partai politiknya yaitu Partai Gerindra.

Partai Gerindra yang merupakan partai kedua terbesar di Indonesia saat ini hanya membutuhkan satu partai koalisi untuk mencalonkan pasangan capres dan cawapres.

Sementara itu, Anies hingga kini belum memiliki partai politik yang akan mengusungnya. Anies pun bukan ketua umum partai politik, seperti Prabowo, sehingga masih harus mencari partai mana yang dapat memajukan dia sebagai capres serta koalisinya.

Elektabilitas Prabowo sendiri di hampir seluruh survei konsisten di puncak dan trennya terus naik. Menurut survei Voxpopuli Research Center, elektabilitas Prabowo sebesar 21,3 persen pada Juni 2022 dan meningkat menjadi 22,1 persen pada September 2022.

Adapun, berdasarkan survei yang dilakukan Political Statistics (Polstat) pada 1 sampai 10 September 2022 di 34 provinsi di Indonesia, elektabilitas Prabowo masih yang tertinggi dengan 31,2%.


What's Your Reaction?

confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
hate hate
0
hate
lol lol
0
lol
love love
0
love
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Image
Photo or GIF
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item